Manajemen Pemasaran Industri
Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang sebuah produk elektronik yang bernama xiaomi dan cakupan perusahaannya di Indonesia.
1.
Sejarah
Xiaomi
Sumber
: https://logos-world.net/xiaomi-logo/
Xiaomi
adalah perusahaan berbasis teknologi termuktahir yang berasal dari Tiongkok. Xiaomi didirikan oleh delapan mitra pada tanggal 6
Juni 2010. Pada tahap pertama pendanaan inverstor institusi, termasuk Temasek
Holdings, perusahaan investasi milik pemerintah Singapura, perusahaan pendanaan
modal dari China IDG Modal dan Qiming Venture Partners, serta perusahaan
pengembang prosesor Qualcomm. Sejak mengeluarkan ponsel pertama
pada tahun 2010, Xiaomi terus melakukan inovasi perbaikan pada setiap seri
ponsel pintar yang diluncurkan. Pada tahun 2011, Xiaomi Mi 1 yang dilengkapi OS
MIUI yang mirip TouchWiz Samsung dan iOS Apple berhasil mendapatkan hati
masyarakat. Perusahaan Xiaomi terus bergerak memproduksi ponsel pintar dengan
teknologi kekinian.
Perusahaan Xiaomi terus melakukan pergerakan yang cukup
signifikan dengan melakukan pemasaran luas ke berbagai negara, salah satunya
Indonesia. Tak hanya menjual produk ponsel pintar saja, sejarah perusahaan
Xiaomi telah mencetak banyak produk teknologi kekinian seperti skuter listrik,
smart TV, dan headphone. Xiaomi juga melakukan ekspansi dengan menjual
perlengkapan, tas hingga handuk dan sikat gigi.
Di
Indonesia sendiri, perusahaan xiaomi ini masuk pada tahun 2014. Xiaomi sendiri baru berani memasuki pasar Indonesia
sekitar 2014 lalu lewat produk perdananya yang bernama Redmi 1S.Respon
positif konsumen Indonesia ini menjadi pertanda baik bagi Xiaomi. Alhasil,
perusahaan ini mulai menekuni bisnisnya di Indonesia dan terus menelurkan
beragam produk terbarunya. Pada 2017 Xiaomi memutuskan untuk membangun pabrik
pertamanya di Tanah Air yang berlokasi di Batam. Xiaomi mengklaim telah
merekrut lebih dari ribuan orang untuk bekerja pada perusahaan mereka.
2.
Cakupan
Perusahaan Xiaomi di Indonesia
Sumber : https://iprice.co.id/xiaomi/
Xiaomi
memiliki sepak terjang di Indonesia sejak tahun 2014 hingga sekarang. Tentunya,
cakupan mereka, tertama dalam segi perekonomian di Indonesia sudah cukup besar.
Berikut adalah cakupan perusahaan Xiaomi di Indonesia dari berbagai sektor.
2.1 Sektor Ekonomi
Pada sektor ekonomi, xiaomi tercatat sudah
lebih dari 1.000 karyawan di Batam pada tahun 2017. Dua tahun setelahnya, atau sekitar 2019, perusahaan ini mengumumkan
bahwa sekitar 10 juta unit smartphone telah dibuat di pabrik tersebut. Selain itu, untuk mempercepat ekspansi
pasar, Xiaomi berambisi mengembangkan bisnis dengan tidak hanya berfokus kepada
teknologi dan inovasi, tetapi juga memastikan kesejahteraan karyawan dan
mengembangkan kinerja mereka melalui beberapa program akselerasi, seperti
pelatihan bahasa, pelatihan komputer, dan berbagai pelatihan keterampilan
non-teknis (soft skill).
2.2
Sektor Politik dan Pemerintah
Menurut
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada 18 Oktober 2019, peraturan IMEI merupakan upaya memerangi perdagangan ponsel di pasar
gelap secara ilegal di Indonesia. Adanya peraturan ini dapat mengurangi
masuknya barang-barang BM (Black Market) ke Indonesia. Selain itu, setiap
perangkat elektronik yang masuk ke Indonesia harus memiliki TDKN (Tingkat Kandungan
Dalam Negeri) agar terciptanya lapangan tenaga kerja baru. Industri dalam
negeri akan terus memproduksi barang atau komponen tersebut, bila industri
terus beroperasi maka akan ada penyerapan tenaga kerja. Xiaomi, salah satu produsen smartphone, telah memenuhi sejumlah syarat, seperti TKDN (tingkat kandungan dalam
negeri) untuk memproduksi semua smartphone agar bisa dirilis resmi di Indonesia.
Selain itu, xiaomi juga sudah mendaftarkan setiap perangkat elektroniknya
dengan menggunakan peraturan IMEI sehingga bisa dikatakan xiaomi sudah
mengikuti peraturan yang diberikan oleh pemerintah.
2.3 Sosial Budaya
Pada
sektor ini, xiaomi memiliki komunitas yang bernama Mifans. komunitas Mi Fans yang solid ini dimulai pada
2010-an, saat di mana perusahaan mulai mengembangkan software MIUI untuk
Android. Xiaomi berinteraksi langsung dengan penggunanya lewat media sosial,
forum online, dan dari sana mulai terbangun komunitas. Ketika perusahaan
menjual smartphone, jalur online juga dimanfaatkan Xiaomi untuk
perdagangan dengan konsumen. Di sini Xiaomi telah memiliki basis pengguna yang native
online.
2.4 Masyarakat
Xiaomi merupakan perangkat populer di Indonesia.
Ini terlihat dari animo masyarakat yang tinggi terhadap produk ini. Mulai dari
anak kecil hingga dewasa, hampir semua orang mengetahui produk ini. Produk xiaomi
ini hampir ada di segala aspek kehidupan, karena perangkat yang mereka
perkenalkan bukan hanya produk smartphone saja. Seperti contoh, produk mereka
memiliki perangkat MI TV, MI Vacuum Cleaner, MI Air Purifier, Powerbank dan
lain-lain yang berguna untuk kehidupan sehari-hari.
2.5 Teknologi
Setiap produk Xiaomi memberikan kualitas produk
yang terbaik untuk para calon konsumen maupun konsumennya sendiri. Teknologi yang
mereka tawarkan dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya penggunaan
ioT (Internet of Things). Dengan penggunaan itu, produk xiaomi dapat memberikan
kepuasan kepada konsumennya dalam menggunakan teknologi dengan baik dan bijak.
Jangan lupa mampir ke blog ku juga yah😉
BalasHapus