Manajemen Pemasaran Industri
PASAR INDUSTRI DAN PERILAKU PEMBELI DI PASAR INDUSTRI
Pasar Industri
Semua organisasi yang membeli barang dan
jasa untuk digunakan memproduksi barang dan jasa lain yang dijual, disewakan,
atau dipasok ke perusahaan lain.
Proses Pembelian Pasar Industri
Proses pengambilan
keputusan yang dilakukan oleh pembeli pasar industri untuk menetapkan kebutuhan
akan produk dan jasa yang harus dibeli dan untuk mengidentifikasikan,
mengevaluasi, dan memilih dari berbagai alternatif merek dan pemasok.
KARAKTERISTIK PASAR INDUSTRI
1. Struktur
dan Permintaan Pasar.
-
Pasar Industri memiliki lebih sedikit pembeli
tetapi lebih besar nilainya.
-
Pelangan pasar iIndustri lebih terkonsentrasi
secara geografis.
-
Permintaan pembeli industri merupakan turunan
dari permintaan konsumen akhir.
-
Permintaan di pasar industri lebih inelastic –
kurang terpengaruh oleh perubahan harga jangka pendek.
-
Permintaan di pasa r industri lebih
berfluktuatif dan lebih cepat.
2. Sifat
unit pembelian.
-
Pembelian di pasar industri melibatkan lebih
banyak pembeli.
-
Pembelian dipasar industri melibatkan usaha
pembelian yang lebih professional.
3. Berbagai
tipe Keputusan dan Proses Pengambilan Keputusan.
-
Pembeli di pasar industri biasanya menghadapi
pengambilan keputusan yang kompleks.
-
Proses pembelian industri lebih formal.
-
Dalam pembelian di pasar industri, penjual dan
pembeli bekerja lebih erat dan membangun hubungan jangka panjang.
Aktivitas pembelian terdiri dari
dua bagian besar :
1. Pusat
pembelian yang terdiri dari semua orang yang terlibat dalam pengambilan
keputusan pembelian.
2. Proses
pengambilan keputusan pembelian.
PERILAKU PEMBELI DI PASAR INDUSTRI
Berbagai Situasi Pembelian Utama
|
Pembelian Ulang sepenuhnya Merupakan
situasi pembelian di pasar industri yang ditandai oleh pembeli secara rutin
memesan ulang sesuatu tanpa ada modifikasi. |
Pembelian
ulang dengan modifikasi Situasi
pembelian di pasar industri yang ditandai oleh pembeli ingin memodifikasi
spesifikasi, harga, persyaratan, dan pemasok produk. |
|
Tugas Baru Situasi
pembelian di pasar industri yang ditandai oleh pembeli membeli produk atau
jasa untuk yang pertama kalinya. |
Pembelian sistem Pembelian penyelesaian masalah
secara terpaket dari satu penjual. |
Peserta Proses Pembelian di Pasar Industri
Unit pengambilan keputusan organisasi
pembelian disebut “Pusat Pembelian “ yaitu semua individu dan unit yang
berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan di pasar industri.
- Pemakai,
Anggota organisasi yang akan mengunakan produk atau jasa, pemakai sering
sebagai pencetus usulan pembelian dan membantu mendefinisikan spesifikasi
produk.
- Pemberi
Pengaruh, orang di dalam pusat pembelian suatu organisasi yang
mempengaruhi keputusan pembelian, mereka sering membantu mendefinisikan spesifikasi dan juga menyediakan informasi
untuk mengevaluasi sejumlah alternatif.
- Pengambil
Keputusan, orang di dalam pusat pembelian suatu organisasi yang
memiliki kekuatan formal dan informasi untuk memilih atau menyetujui pemasok
yang harus dipilih.
- Penjaga
gawang, orang yang di dalam pusat pembelian suatu organisasi yang
mengendalikan arus informasi kepada orang lain.
Pengaruh Utama yang dihadapi Pembeli di Pasar
Industri
1. Faktor-faktor
lingkungan
-
Perkembangan ekonomi
-
Kondisi penawaran
-
Perubahan teknologi
-
Perkembangan peraturan dan kondisi politik.
-
Perkembangan persaingan.
-
Budaya dan adat-istiadat.
2. Faktor-faktor
organisasi
-
Tujuan
-
Kebijakan.
-
Prosedur.
-
Struktur Organisasi
-
Sistem
4. Faktor-faktor
antar pribadi :
-
Otoritas
-
Status
-
Empati
-
Kemampuan mempengaruhi orang.
5. Faktor-faktor
individu:
-
Umur
-
Pendidikan
-
Posisi jabatan - Kepribadian.
-
Sikap terhadap resiko
Proses Pembelian di Pasar Industri
1. Penganalan Masalah. Tahap pertama dalam
proses pembelian di pasar industri ketika seorang di perusahaan tertentu
mengenali adanya masalah atau kebutuhan yang dapat dipecahkan dengan memperoleh
barang atau jasa tertentu.
2. Penjabaran Kebutuhan secara Umum. Tahap
dalam proses pembelian dipasar industri ketika perusahaan tersebut menjabarkan
secara umum karakteristik dan kuantitas barang yang dibutuhkan.
3. Spesifikasi Produk. Tahapan ketika
organisasi pembeli memutuskan dan menspesifikasikan karakteristik produk yang
secara teknis terbaik atas barang yang dibutuhkan.
4. Analisis Nilai. Pendekatan pengurangan biaya
dimana semua komponen dipelajari secara seksama guna menentukan apakah dapat
dirancang ulang, distandarisasikan atau dibuat dengan metode produksi yang
lebih baik.
5. Pencarian Pemasok. Tahapan ketika
pembeli berusaha mendapatkan pemasok terbaik.
6. Pengumpulan Proposal. Tahapan ketika
pembeli mengundang pemasok yang memenuhi syarat untuk mengajukan proposal.
7. Pemilihan Pemasok. Tahapan ketika
pembeli mengulas proposal dan memilih satu atau beberapa pemasok.
8. Spesifikasi pesanan rutin. Tahapan
ketika pembeli menulis pesanan akhir kepada pemasok terpilih, membuat daftar
spesifikasi, kuantitas yang dibutuhkan, waktu penyerahan yang diharapkan,
kebijakan pengembalian barang dan garansi.
9. Penilaian Kinerja. Tahapan ketika
pembeli memeringkat kepuasannya terhadap pemasok, sambil mengambil keputusan
apakah akan melenjutkan, memodifikasi atau memutuskan perjanjian hubungan
tersebut.
Pasar Penjualan Kembali (Reseller market)
Terdiri dari semua
perorangan dan organisasi yang membeli barang untuk dijual kembali atau
disewakan dengan tujuan memperoleh laba. Penyalur tidak memproduksikan kegunaan
bentuk, melainkan menghasilkan kegunaan waktu, tempat dan kepemilikan.
Keputusan Yang Diambil Penjual Kembali
• Macam
apa saja yang akan dibeli? : pilihan produk eksklusif, pilihan produk mendalam,
pilihan produk melebar, pilihan produk aneka ragam
• Dari
pemasok mana harus dibeli? : situasi barang baru, situasi pemasok terbaik,
situasi persyaratan lebih baik
• Pada
harga berapa dan dengan persyaratan apa perundingan dilakukan?
Komentar
Posting Komentar