Contoh Kasus Personal Selling

 

Contoh Kasus Personal Selling

Personal selling adalah komunikasi langsung (tatap muka) antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga mereka kemudian akan mencoba dan membelinya. Tujuan dilakukan personal selling itupun ada banyak jika dilihat dari beberapa sumbernya. Tujuannya adalah supaya bisa mendidik pelanggan, sekaligus menyediakan produk yang dibutuhkan pelanggan. Dalma hal ini personal selling dijadikan sebagai bantuan pemasaran terbaik yang dapat memberikan layanan purna jual dan dukungan untuk konsumen.

Wiraniaga yang memerankan penjualan tatap muka (personal selling) dapat membantu fungsi pengumpulan informasi pasar. Wiraniaga mungkin menjadi orang pertama yang mengetahui adanya persaingan baru atau strategi baru pesaing, wiraniaga yang tanggap dengan kebutuhan pelanggan dapat menjadi sumber gagasan bagi produk baru. Dalam hal – hal tertentu, penjualan tatap muka (personal selling) juga mewakili pelanggan mereka di dalam perusahaan.

 

                                  


              Sumber Gambar: http://fuad-dary.blogspot.com/2017/10/indofood-lambang-makanan-bermutu.html

 

Kali ini, saya akan membahas contoh penerapan Personal selling pada sebuah perusahaan industri makanan yang bernama Indofood. PT Indofood Sukses Makmur Tbk merupakan perusahaan yang berbasis di Indonesia yang utamanya bergerak dalam industri pengolahan makanan. Perusahaan ini mengklasifikasikan bisnisnya menjadi lima segmen: produk konsumen bermerek, bogasari, agrobisnis, distribusi serta budi daya dan pengolahan sayuran. Perusahaan menjalankan bisnis produk konsumen bermereknya melalui anak perusahaannya, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP). Produk-produk ICBP mencakup produk susu, makanan ringan, biskuit, bumbu penyedap makanan, minuman serta makanan khusus dan bernutrisi. 

Perusahaan Indofood memiliki salah satu strategi dengan memperkenalkan produk mi instan yang bernama Indomie di negara Korea Selatan. Strategi personal selling yang merekan terapkan adalah dengan mengikuti event tahunan Korea International Noodle Exhibition Expo pada tahun 2016. Di event tersebut, ada sekitar 250 stand yang menjajakan berbagai macam produk mie instan untuk para calon konsumen.

Karena event tersebut, nama indomie sangat popular disana dan digandrungi oleh para milenial di Korea Selatan, sehingga bisa dikatakan bahwa produk indomie yang bernaung dibawah perusahaan Indofood ini cukup sukses disana.

 

Demikian, Terima Kasih…

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebuah Artikel (1)

TUGAS ILMU BUDAYA DASAR 4

Pengertian dan Prinsip-Prinsip Koperasi