Contoh Kasus Personal Selling
Contoh Kasus Personal Selling
Personal selling adalah
komunikasi langsung (tatap muka) antara penjual dan calon pelanggan untuk
memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman
pelanggan terhadap produk sehingga mereka kemudian akan mencoba dan membelinya.
Tujuan dilakukan personal selling
itupun ada banyak jika dilihat dari beberapa sumbernya. Tujuannya adalah supaya
bisa mendidik pelanggan, sekaligus menyediakan produk yang dibutuhkan
pelanggan. Dalma hal ini personal selling dijadikan sebagai bantuan pemasaran
terbaik yang dapat memberikan layanan purna jual dan dukungan untuk konsumen.
Wiraniaga
yang memerankan penjualan tatap muka (personal selling) dapat membantu fungsi pengumpulan informasi pasar.
Wiraniaga mungkin menjadi orang pertama yang mengetahui adanya persaingan baru
atau strategi baru pesaing, wiraniaga yang tanggap dengan kebutuhan pelanggan dapat
menjadi sumber gagasan bagi produk baru. Dalam hal – hal tertentu, penjualan
tatap muka (personal selling) juga mewakili pelanggan mereka di dalam perusahaan.
Sumber Gambar: http://fuad-dary.blogspot.com/2017/10/indofood-lambang-makanan-bermutu.html
Kali ini, saya akan
membahas contoh penerapan Personal selling
pada sebuah perusahaan industri makanan yang bernama Indofood. PT Indofood Sukses Makmur Tbk merupakan
perusahaan yang berbasis di Indonesia yang utamanya bergerak dalam industri
pengolahan makanan. Perusahaan ini mengklasifikasikan bisnisnya menjadi lima
segmen: produk konsumen bermerek, bogasari, agrobisnis, distribusi serta budi
daya dan pengolahan sayuran. Perusahaan menjalankan bisnis produk konsumen
bermereknya melalui anak perusahaannya, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk
(ICBP). Produk-produk ICBP mencakup produk susu, makanan ringan, biskuit, bumbu
penyedap makanan, minuman serta makanan khusus dan bernutrisi.
Perusahaan Indofood
memiliki salah satu strategi dengan memperkenalkan produk mi instan yang
bernama Indomie di negara Korea Selatan. Strategi personal selling yang merekan
terapkan adalah dengan mengikuti event tahunan Korea International Noodle Exhibition
Expo pada tahun 2016. Di event
tersebut, ada sekitar 250 stand yang
menjajakan berbagai macam produk mie instan untuk para calon konsumen.
Karena event tersebut,
nama indomie sangat popular disana dan digandrungi oleh para milenial di Korea Selatan,
sehingga bisa dikatakan bahwa produk indomie yang bernaung dibawah perusahaan Indofood
ini cukup sukses disana.
Demikian, Terima Kasih…
Komentar
Posting Komentar